"Menulislah Tentang Hal yang Kita Kuasai"

Resume Belajar Menulis Pertemuan I 

Tanggal: 1 Juni 2020

Nara Sumber : Wijaya Kusumah, M.Pd.

Malam ini terisi dengan moodbooster yang spesial dari Om Jay dari PGRI. Banyak ilmu yang sempet kucuri dari beliau...ups tidak mencuri sih, tapi dapat transferan ilmu dari Om Jay.... pertama dimasukan grup kita wajib membuat Blog. Ok...blog terbantu oleh petunjuk dari Pak Brian Prasetyawan... tengok Blog aku ya Shinta Kurniawati Handoyo... itu syarat sebelum kita ikut kuliah malam ini oleh Pak Jay dan Ibu Fatimah dari Aceh.

Tapi ada yang unik loh...Om Jay memberi kita kuliah angkatan 12 sambil membuka kelas di angkatan lain yaitu angkatan 8. Mantul banget pokoknya deh... tan


pa kami tercuekin..Padahal banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta di angkatan 12 ini. Tapi selalu tercatat oleh Ibu Fatimah yang sabar menerima pertanyaan dari peserta.

Ada beberapa catatan yang kutangkap dari kuliah pertama malam ini, antara lain:

1.      Berbagi itu tidak pernah rugi. Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet.

 Hal itulah yang Om Jay lakukan selama 11 tahun ini. Orang tahu Om Jay dari tulisan Om Jay di blog. Nah ini bisa nih kita contoh...Oke Om Jay aku ijin tiru ya....

2.       Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan menghasilkan padi yg bagus kalau prosesnya bagus. Ingat selalu ilmu padi. Kian berisi kian merunduk... Ini kudu kita ikutin nih...jangan jadi sombong....walaupun sukses sedang ada di tangan kita.

3.        Kita bisa memulai menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Nah, Om Jay...kebetulan saya suka sekali menulis puisi, karena itu gatal sekali bila ditantang menulis, maka yang pertama dalam pikiran saya ya menulis puisi, tidak apa-apa kan Om Jay?

4.        Kiat-kiat bisa rajin menulis di blog (bahkan setiap hari) salah satunya adalah rajin blig walking atau berkunjung ke blog orang lain agar banyak dapat ide. Itu yang sedang saya lakoni Om... mengintip dan menengok blognya Om Jay dan Om Brian, hehehehehe... pengen ngintip juga blog Bu Fatimah...ijin ya Bu....

5.        Tips untuk penulis pemula yang kadang kesulitan untuk mengekspresikan apa yang ada dipikiran  dalam bentuk tulisan yaitu harus fokus agar lulus. Selain fokus ya harus rajin rajin nulis. Kalau saya pribadi menulis apa saja yang ada dalam pikiran atau yang saya lihat sebatas mata atau perasaan saya. Weeeh...pakai parasaan.

6.       Kiatnya untuk tidak mandek dengan menulis saat mengalami kesulitan untuk menyelesaikan sebuah tulisan dengan baik  ya tidak banyak cara kok, cukup banyak baca. Ini kata kata dari Om Jay yang sampai barisan kata ini saya jadikan status saya malam ini.... Banyak Baca....Rabun Membaca .... Lumpuh Menulis... Ajib sekali rangkaian kata-kata itu...

7.        Kesimpulan materi malam ini adalah menulis dan menerbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain yg baik hati seperti editor yang menemukan kesalahan kita dalam menulis. Sang Editor kadang memerlukan beberapa bodrex saat menggarap naskah kita. Oleh karena itu mari kita  menikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Ini sedang saya coba tips menulis di blog. Blog yang baru tadi sebelum kuliah ini dimulai saya buat....Aih akhirnya Shinta Kurniawati mempunya blog sendiri... Anggap menulis itu sudah menjadi menu kita sehari-hari karena memang kita perlu latihan menulis setiap hari...ya biar bisa terasah pikiran kita...dan memunculkan moodbooster. Menulis yang berpegang teguh pada prinsip “Diminta atau Tidak Diminta”. Usahakan dalam menulis blog, Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

8.        Pengunjung harus kita buat penasaran dengan isi tulisan di blog kita....ini harus diingat....kata kunci buatlah penasaran.

9.        Maka dari itu kita harus DJTIS (Displin, jujur, Tulus, Ikhlas, dan Sabar). Insyaallah tulisan kita akan menjadi indah dan menginspirasi, karena tercipta dengan DJTIS.

Akhirnya kuliah selesai dengan banyak oleh-oleh yang bisa kudapat dari Om Jay... Terima kasih Om Jay. berawal dari diijinkan aku masuk dalam grup gelombang 12 oleh Om Jay hingga bisa mengikuti kuliah malam ini. Semoga sehat selalu ya Om Jay dan Bu Fatimah, Pak Brian yang mendampingi saya dalam pembuatan blog sampai hari ini, juga teman-teman di Gelombang 12 ini, hingga kita bisa mengikuti kuliah selanjutnya. Aamiin. 


Komentar

  1. Alhamdulillah, sudah baik sekali, jika suka puisi silakan di buat di blog mungkin akan seru nanti bisa terbitkan dua buku ,wooo keren banget lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Bu Fatimah..... saya coba belajar lagi....

      Hapus
    2. Wah keren banget Bu Shinta , hayo lanjutkan karya kreatifnya yg dapat menginspirasi sahabat sahabat guru di luar sana
      Yang belum bergabung,teruslah berkarya untuk
      PGRI dan Bangsa

      Hapus
  2. Alhamdulillah diberi komentar oleh nara sumbernya langsung.... terima kasih Pak Wijaya Kusumah.... mohon bimbingan dari Bapak....

    BalasHapus
  3. Luar biasa Shinta kren dan menarik...kembangkan terus bakatmu...ditunggu episode berikutnya....

    BalasHapus
  4. Bagus bu keren blognya tulisannya mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Bu Intan..... kita saling semangatin di Bus 12...

      Hapus
  5. Keren ... Semangat menulis ya, saya juga baru belajar. Jika berkenan silakan mampir di blog saya https://keluargaendang.blogspot.com/2020/06/resume-hari-pertama-1-rabu-3-juni-2020.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Bu Endang.... saya langsung cus ah ke blog Bu Endang.....

      Hapus

Posting Komentar