Cara Menyemai Biji Anthurium Gelombang Cinta

Cara menyemai biji Anthurium


Pagi ini aku belum ada rencana mau merapikan tanaman yang mana ya...hanya melihat calon tanaman bunga matahari dan calon pokchay...alhamdulillah sudah muncul daun, tapi sepertinya belum daun sejati...tidak apa - apa...harus sabar.
Mataku tiba-tiba tertuju pada bonggol bunga dari anthurium yang sudah berbentuk biji merah...hemmm mungkin waktunya aku mulai menyemai biji-biji tersebut. Oke kita mulai ya dari tahap awal ya tentu saja kita dekati bonggol yang penuh dengan biji merah itu....

1). Sayang kan kalau biji-biji tersebut dibiarkan jatuh dan terbuang, kita ambil biji-biji tersebut, dikeluarkan dari buahnya. 
Selanjutnya siapkan kapas atau tissue yang dibasahi air untuk tempat biji biji tersebut.

2). Sebelum dimasukan ke dalam tempat yang sudah siap kapas atau tissue basahnya, kita jemur dulu biji-biji tersebut , kurang lebih 2 jam.


3). Setelah menanti 2 jam sambil kita koreksi tugas siswa, kebetulan  WFH di hari ini, tidak akan terasa penantian selama 2 jam.

4). Nah, Setelah biji – biji tersebut dijemur selama 2 jam, kita taruh ke dalam tempat yang telah siap kapas atau tissue yang telah basah.


5).Setelah rapi di dalam tempat plastik tersebut, tutup tempatnya, lalu masukan ke dalam lemari es, supaya suhunya tetap terjaga.


6). Dua hari kemudian kita tengok, akan ada bayi anthurium yang telah muncul akar akar lembut yang siap untuk diletakkan di pot-pot plastik atau polybag.

7). Tunggu sepuluh hari ya...akan muncul bayi anthurium yang telah memiliki daun sejati.... selamat mencoba....


Tunggu postingan lanjutan setelah 10 hari ya.... Tapi besok saya tetap nulis di blog ini...dengan tema yang berbeda....

Komentar